Sabtu, 25 November 2017

15 jenis mesin kantor beserta penjelasannya

pekerja kantor pasti membutuhkan mesin- mesin kantor untuk menunjang dari pekerjaannya,
dari mencetak/ print dokumen, memperbanyak dokumen, mengirim email dan sebagainya.
banyak fasilitas mesin yang memfasilitasi pekerjaan tersebut,

dibawah ini akan saya sampaikan macam - macam alat atau mesin perlengakapan kantor yang tentu mempermudah pekerjaan anda.

1. Mesin diftafon





yaitu satu diantara mesin kantor yang dimaksud sebagai mesin dikte atau mesin imla. Mesin diktafon dipakai dalam soal mencatat surat, kata untuk kata dari dikte yang dikerjakan dengan cara lambat-lambat, hingga mesin ini sangat mungkin supaya kata itu bisa dicatat jadi tulisan oleh seseorang pegawai.







2. Mesin Komputer

Mesin computer bisa disebutkan sebagai mesin kantor yang serbaguna. Mesin computer bekerja dengan memakai tenaga listrik dengan kekuatan pengeloaan data yang luas serta bermacam. Diluar itu, terkecuali dapat memproses data mesin computer dapat juga dipakai dalam menaruh data dengan kemampuan yang begitu besar.







3. Mesin stensil



Mesin stensil termasuk juga satu diantara mesin pengganda dokumen yang ada banyak dipakai di kantor – kantor sampai saat ini. Berdasar pada langkah kerja mesin stensil, ada dua penggolongan yaitu mesin stensil manual serta mesin stensil listrik







4. Mesin scanner




Mesin scanner termasuk juga semacam mesin pengganda yang bisa menyalin lagi kembali beragam sistem, keadaan atau kondisi fisik satu lembaran atau kertas lewat pembuatan master sheet lewat cara merekam.
Mesin scanner bekerja seperti mesin foto copy yang bisa menyalin satu dokumen. Bedanya, pada hasil copy dari mesin scanner, bukanlah ada dibawah tetapi selain dokumen aslinya.


5. Mesin spirit duplicator

Mesin spirit duplicator yaitu type mesin kantor yang disebut satu diantara alat pengganda yang dipakai untuk perbanyak warkat dalam jumlah yang besar sesuai sama keperluan. Untuk perbanyak warkat, mesin spirit duplicator menggunkan master copy (lembaran induk) yang di belakangnya di beri lembaran karbon spesial.







6. Mesin facsimile




Mesin faksimile dimaksud sebagai mesin telecopier yang bisa bekerja untuk memindahkan data dari satu computer serta segera mencetaknya di beberapa tempat baik dekat atau jauh, bahkan juga hingga ke lintas negara. kebanyakan mereka sudah menggunakan mesin yg lebih canggih.
Mesin faksimile dimaksud sebagai copying machine lantaran dapat kirim info atau dokumen di beberapa tempat kurun waktu relatif singkat.







7. Mesin offset



Mesin offset yaitu type mesin bikin yang memakai master yang dikatakan sebagai plate, di mana berlangsung sistem perpindahan huruf ke blanket. Diliat dari bentuk serta kemampuannya, mesin offset dibedakan kedalam 3 jenis yakni mesin offset kecil, tengah serta besar.









8. Mesin Penjilid

Mesin penjilid atau biding machine adalah mesin kantor yang digunakan untuk menjilid berbagai warkat-warkat yang sejenis, buku-buku dan sebagainya. Penggunaan mesin ini lebih praktis, mengingat  kemampuan menampung yang besar, karena penjilidan dengan mesin binding dapat dilakukan dari jumlah 10 halaman hingga 100 halaman atau dengan perkiraan ketebalan 4 cm. Namun, hal ini tergantung dari kemampuan besar atau kecilnya kawat/plastik spiral yang akan dipergunakan.




9. Mesin Penghitung Uang


Mesin penghitung uang adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menghitung berapa banyak jumlah uang( logam maupun kertas) yang ingin di hitung.Mesin ini biasa digunakan pada jasa perbankan. Karena mesin ini sangat mempermudah teller dalam menghitung jumlah uang yang banyak. Dibandingkan dengan menghitug uang secara manual dengan mesin penghitung uang ini dapat cepat dan praktis.





10. Printer 



adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu penggetil (picker) sebagai alat mengambil kertas dari baki (tray). Baki ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau tinta bubuk (toner) adalah alat pencetak sesungguhnya, karena tinta atau tinta bubuk digunakan untuk menulis/mencetak pada kertas.





11. Mesin absensi



adalah alat yang digunakan untuk mengetahui dan melacak kehadiran karyawan. Kantor, perusahaan, dan institusi pendidikan adalah beberapa contoh organisasi yang menggunakan mesin absensi untuk mendapatkan data kehadiran karyawan secara akurat dan otomatis.
Mesin absensi memiliki peranan yang sangat penting bagi pemimpin/pemilik instansi untuk mengotomatisasikan pencatatan kehadiran karyawan. Itulah mengapa, perangkat ini harus tersedia di kantor.


12. Mesin risograph



 adalah perangkat untuk mencetak dan menyalin dokumen dengan kecepatan yang sangat tinggi hingga 120 halaman permenit.














13. Mesin fotocopy

Mesin foto copy yaitu satu diantara mesin kantor yang bertindak sebagai mesin penggandaan. Mesin ini adalah satu alat penggandaan yang cukup praktis untuk dipakai. Mesin pengganda type ini bisa siap dipakai setiap waktu saat dibutuhkan untuk melipat-gandakan dokumen. Diluar itu, dokumen atau warkat dapat juga dengan gampang digandakan dalam jumlah yang dikehendaki kurun waktu yang relatif singkat sesuai sama keperluan, serta tanpa ada mengakibatkan kerusakan bahan aslinya.





14. Mesin tik

Mesin tik yaitu satu diantara mesin kantor yang bermanfaat untuk menuliskan kata atau surat pada lembaran – lembaran dengan jalan di tulis. Pada kantor - kantor, mesin tik yang bisa dipakai diklasifikasikan jadi sebagian type, yaitu :
a. Berdasar pada gandaran : mesin tik berdasar pada gandaran dibedakan jadi dua, yaitu mesik tik memakai kait (gandaran) serta mesin tik tak memakai gandaran.
b. Berdasar pada pencetak huruf : dibagi dalam tiga grup, yaitu mesin tik batang huruf, bola huruf serta roda huruf
c. Berdasar pada susunan tuts : dibagi jadi dua yaitu mesin tik ideal serta universal
d. Berdasar pada tenaga penggerak : dibagi dalam dua type yaitu mesin tik manual serta mesin tik elektris
e. Berdasar pada ukuran bodi : dibagi dalam dua type yaitu mesin tik ukuran standar, semi standar serta portabel
f. Berdasar pada ukuran huruf : ada tiga type yakni mesin tik pica, elite, micro serta PS (Proportional Spacing)


15. Mesin teleks 


yaitu satu diantara mesin atau alat kantor yang bermanfaat sebagai pengirim berita jarak jauh atau mesin pengirim berita yang bermanfaat untuk mengemukakan berita-berita dari satu tempat ke tempat lain, baik dalam negeri ingin juga hingga diluar negeri.

10 komentar: